English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 07 September 2009

Mesin 4Tak

Four stroke engine

( Four stroke engine )

Seperti yang telah kita ketahui bahwa motor yang terbesar dapat di golongan menjadi 3 bagian ;

1. Mengselmotoren/ motor campuran
Motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar bensin di campur dengan udara ;
Motor bensin- motor gas- motor minyak tanah

2. Oliemotoren/ motor olie
Motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar solar di campur dengan udara
Motor diesel

3. Electromotoren/ motor listrik
Motor yang dapat hidup karena mendapatkan aliran listrik
Wisselstroommotoren – gelijkstoommotoren.

Sedangkan motor bakar dapat dibagi menjadi 2 golongan yaitu :


*motor pembakaran luar yaitu ; proses pembakaran bahan bakar yang terjadi di luar mesin

*motor pembakaran dalam yaitu ; proses pembakaran bahan bakar yang terjadi di dalam mesin


Cara kerja motor 4 gerakan / 4Tak


Pada setiap motor 4 gerakan terdapat 2 lubang pada cylinder headnya dan lubang – lubang tersebut di buka dan di tutup oleh pesawat katup atau kita sering menyebutnya dengan sebutan kelep. Lubang pertama ; yaitu lubang masuk /in yang di buka dan di tutup oleh katup masuk . lubang kedua ; yaitu lubang buang /ex yang di buka dan di tutup oleh katup buang

Apabila katup masuknya terbuka maka gas ( campuran antara bensin dan udara yang telah di setting oleh carburator ) akan terhisap masuk ke ruang cylinder. Sedangkan saluran buang yang di buka dan di tutup oleh katup buang gunanya untuk keluarnya gas yang telah terbakar dari dalam cylinder menuju saluran buang dan di teruskan pada pembuangan melalui pipa knalpot



GERAKAN PERTAMA = Intake stroke/ mengisi

Zuiger bergerak dari ( tma ) titik mati atas ke bawah untuk menghisap campuran gas dari dalam Carburator kemudian gas masuk untuk mengisi sylinder. dan untuk membuka masuknya gas ke sylinder di perlukan klep/katup . gerakan menghisap ini berlangsung sehingga penghisap sampai pada posisi yang terendah setelah itu klep masuknya tertutup.pada gerakan yang pertama ini zuiger bergerak dari ( tma ) ke bawah dengan klep in nya terbuka dan klep ex nya tertutup. sedangkan krukasnya bergerak setengah putaran /180 derajat



GERAKAN KE DUA = Kompresi /pemampatan

Bersamaan dengan berputarnya krukas zuiger bergerak ke atas , posisi kelep in dan ex tertutup sedangkan gas yang telah terhisap tadi di mampatkan oleh zuiger yang bergerak ke atas sehingga gas terkumpul pada ruang bakar . Pada waktu zuiger berada di ( tma ) gas yang di mampatkan tadi akan menjadi panas. Pada gerakan yang ke dua ini zuiger bergerak dari ( tmb ) ke atas dg kedua-dua katupnya ter tutup.sedangkan krukasnya bergerak setengah putaran /180 derajat



GERAKAN KE TIGA = Pembakaran / kerja/power stroke

Setelah zuiger sampai ke akhir gerakan pemampatan ,sedangkan kedua-dua klep masih dalam keadaan menutup .meloncatlah bunga api dari ujung electrode busi yang berada dalam ruang bakar .akibatnya campuran gas yang di mampatkan dan panas tadi sebentar saja terbakar habis dan zuiger terdorong ke bawah setelah melewati ( tma )pada gerakan yang ke tiga ini zuiger bergerak dari ( tma ) ke ( tmb ) gengan kedua-dua kelep tertutup. sedangkan krukasnya bergerak setengah putaran /180 derajat


GERAKAN KE EMPAT = Membuang /Uitlaatslag exhauststroke

Pada akhir gerakan kerja zuiger dari (TMB) terdorong ke atas dan kelep ex nya terbuka sedangkan kelep in nya tertutup dan keluarlan sisa-sisa pembakaran melalui lobang buang (Exhaust ) yang kemudian di teruskan keluar melalui saluran pipa knalpot . setelah zuiger sampai ( TMA ) maka kelep ex akan menutup kembali. Selanjutnya gerakan motor di mulai lagi seperti semula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar